Berita Okezone.com on NOBARTV -
5 Pelatih Tenar yang Sebut Lionel Messi Lebih Hebat ketimbang Cristiano Ronaldo, Nomor 1 Guru La Pulga

PERSAINGAN Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo untuk menjadi pemain terbaik sudah tersaji lebih dari sedekade terakhir. Keberadaan mereka berdua membuat pencinta sepakbola terbagi dua karena ada yang memiliki Messi sebagai pemain terbaik dan sebaliknya.

Selain pencinta sepakbola, pihak-pihak yang berkecimpung di dunia sepakbola, seperti pelatih, juga terbelah menjadi dua kubu karena persaingan Messi dengan Ronaldo. Berikut lima pelatih yang lebih memilih Messi ketimbang Ronaldo, dilansir dari Sportskeeda, Jumat (24/9/2021).

5. Fabio Capello

Fabio Capello (Foto: Reuters)

Pelatih legendaris Italia, Fabio Capello, punya karier mentereng dengan sederet trofi bergengsi bersama klub-klub yang dibesutnya. Berdasarkan pengamatan Capello, Messi lebih baik ketimbang Ronaldo. Capello bahkan menyebut Messi lebih jenius ketimbang Ronaldo.

"Ada tiga jenius dalam sepak bola, Pele, Maradona ,dan Messi. Titik. Ronaldo sangat kuat karena dia membawa Anda memenangkan segalanya, tetapi Messi jenius dan sesuatu yang lain," kata Capello.

“Saya menghadapi Messi ketika dia berusia 16 tahun dan saya kagum. Dia melakukan hal yang sama seperti sekarang, tetapi 20 tahun lebih muda karena dia terlahir sebagai seorang jenius,” ujarnya.

"Dia menciptakan hal-hal yang tidak dilihat orang lain. Ronaldo telah menjadikan dirinya seorang juara, tetapi bukan seorang jenius,” ucap Capello.

4. Joachim Low

Joachim Low (Foto: Reuters)

Joachim Low adalah pelatih lainnya yang menyebut Messi lebih hebat ketimbang Ronaldo. Juara Piala Dunia 2014 bersama Tim Nasional (Timnas) Jerman itu mengakui ketajaman Ronaldo, tetapi pemain Portugal itu tidak selengkap Messi.

"Saya akan tetap dengan Messi. Ronaldo sensasional, profesional yang sangat baik, mesin pencetak gol yang luar biasa selama bertahun-tahun, tetapi Messi adalah pemain paling lengkap yang pernah saya lihat,” kata Low.

“Selain mencetak gol, dia adalah seorang jenius yang memberikan 30 hingga 40 assist setiap musim selama 10 tahun, serta mencetak 50 gol atau lebih. Kecepatan yang dia hindari dari para pesaing membuatnya tidak dapat ditangkap, dan dia dapat meninggalkan delapan atau sembilan pemain di belakang dia,” tuturnya.

3. Jurgen Klopp

Jugen Klopp (Foto: Reuters)

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, juga lebih menyukai Messi ketimbang Ronaldo. Klopp hanya punya satu swafoto di ponselnya, yaitu bersama Messi. Meski begitu, Klopp mengakui, bahwa Ronaldo ada di level yang sama dengan Messi.

“Saya hanya punya satu swafoto di ponsel saya. Itu dengan Lionel Messi. Cristiano Ronaldo juga ada di kamar (level yang sama),” ujar Klopp.

2. Diego Simeone

Diego Simeone (Foto: Reuters)

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, sering berjumpa dengan Messi dan Ronaldo di masa lalu. Dari pengalamannya itu, juru taktik asal Argentina itu dengan yakin menyatakan kompatriotnya lebih baik ketimbang Ronaldo.

“Jika saya harus memilih antara Messi dan Ronaldo maka kemungkinan besar saya akan memilih Messi. Ya, saya mengatakan (Ronaldo) di video, tetapi percakapan itu antara saya dan (asisten Atleti) German Burgos, berbicara tentang sepakbola seperti yang dibicarakan semua orang tentang dia," ujar Simeone.

“Ketika saya berbicara tentang Messi dan Ronaldo, itu bukan dari perspektif siapa yang terbaik di dunia. Maksud saya jika Anda memiliki kesempatan untuk mengontrak salah satu dari mereka untuk klub normal, dengan pemain normal, Ronaldo mungkin akan lebih cocok. Tapi dengan Messi, dikelilingi oleh pemain hebat, Lionel Messi lebih baik dari Cristiano Ronaldo,” ucapnya.

1. Josep Guardiola

Josep Guardiola (Foto: Reuters)

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, bisa dikatakan sebagai guru sepakbola bagi Messi. Sebab, saat mereka bekerja sama di Barcelona pada 2008-2012, Guardiola adalah sosok yang membawa level permainan Messi ke level berbeda.

Guardiola amat memahami kualitas dan kemampuan dari La Pulga. Dia pun tidak ragu untuk menyebut Messi lebih bagus ketimbang Ronaldo.

“Messi adalah yang terbaik, dia pasti yang terbaik. Dia tahu cara bermain, mencetak gol, dan membuat pemain lain bermain. Dia selalu ada," kata Guardiola.

"Dengan segala hormat kepada semua pemain, pertama Cristiano Ronaldo, selamat kepadanya atas penghargaan tersebut, (tetap) saya pikir Lionel Messi ada di level lain,” ujarnya.

Berita lain Okezone.com